LAPORAN
SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN PERADILAN

DI PENGADILAN TINGGI BANGKA BELITUNG

Berdasarkan hasil analisis data terhadap data penelitian ini, disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan pengadilan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung sebesar 89,25% dan berada pada kategori SANGAT BAIK. Adapun kesimpulan pada masing-masing ruang lingkup sebagai berikut:

1. Persyaratan Pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung berada pada kategori SANGAT BAIK
2. Prosedur Pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung berada pada kategori SANGAT BAIK
3. Waktu pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori
SANGAT BAIK
4. Biaya / Tarif pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori
SANGAT BAIK
5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori SANGAT BAIK
6. Kompetensi Pelaksana Pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori SANGAT BAIK
7. Perilaku Pelaksana Pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori SANGAT BAIK
8. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan di Pengadilan Tinggi Bangka
Belitung pada kategori SANGAT BAIK
9. Prasarana, Sarana dan Kelengkapan Fasilitas dan Masukan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada kategori SANGAT BAIK

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan pengadilan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, berdasarkan peringkat ruang lingkupnya, diperoleh kepuasan responden paling tinggi berada pada ruang lingkup Persyaratan, kemudian disusul Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan, Prasarana sarana dan kelengkapan fasilitas, Produk spesifikasi Jenis Pelayanan, Prosedur, Biaya / Tarif dan Waktu Pelayanan.

Rekomendasi

Walaupun masing-masing ruang lingkup layanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung berada pada kategori SANGAT BAIK, namun kepada jajaran manajemen dan seluruh pegawai di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, hendaknya terus meningkatkan pelayanannya pada ruang lingkup Persyaratan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan, Prasarana sarana dan kelengkapan fasilitas, Produk spesifikasi Jenis Pelayanan, Prosedur, Biaya / Tarif dan Waktu Pelayanan.
Khusus dua ruang lingkup dengan peringkat paling rendah, yaitu untuk ruang lingkup Biaya / Tarif, agar biaya proses perkara dipublikasikan di website Pengadilan Tinggi dan diumumkan di papan pengumuman, sedangkan untuk ruang lingkup Waktu Pelayanan, agar Petugas PTSP lebih cepat memberikan pelayanan kepada Pencari Keadilan.
Adapun rekomendasi yang didasarkan atas saran – saran yang diberikan responden, sebagai berikut:
1. Untuk Bagian Umum dan Keuangan :
– Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana layanan berbasis online.
– Peningkatan kesigapan petugas pada meja PTSP.
2. Untuk Bagian Perdata :
– Untuk biaya proses di Pengadilan Tinggi agar dipublikasikan di Website Pengadilan Tinggi Bangka Belitung.
– Menyampaikan jadwal sidang Pengadilan Tinggi melalui LCD TV.
3. Untuk Bagian Hukum :
– Peningkatan layanan pada ruang Arsip.
4. Untuk bagian Pidana :
– Menyampaikan jadwal sidang Pengadilan Tinggi melalui LCD TV.